Jumat, 16 November 2012

Mengenal 5 Tipe Lansia

Net
Lanjut usia atau Lansia merupakan periode di mana seseorang telah mencapai kematangan dalam ukuran dan fungsi serta mengalami kemunduran dalam dirinya. Lansia dikategorikan yang berumur di atas 60 tahun.
Masalah kesehatan mental pada lansia dapat berasal dari 4 aspek yaitu fisik, psikologik, sosial dan ekonomi. Berbagai permasalahan dapat berupa emosi labil, mudah tersinggung, gampang merasa dilecehkan, kecewa, tidak bahagia, perasaan kehilangan, dan tidak berguna.


Permasalahan itu pada umumnya masalah penyesuain karena terjadinya perubahan dari keadaaan sebelumnya yang kuat dan berpenghasilan kemudian terjadinya kemunduran pada saat sudah tua.
Dr. H. Syrifuddin Anwar SKM, dosen di Fakultas Kesehatan Masyarakat Unmuha ini mengelompokkan lansia menjadi beberapa kategori, apa saja?
Tipe  Konstruktif
Yaitu lansia yang tidak banyak mengalami gejolak atau perubahan emosional dan psikisnya. Di mana lansia dalam tipe ini berintegritas baik, dapat menikmati hidup, toleransi tinggi, humoris, tenang dan mantap sampai sangat tua.
Tipe  Ketergantungan (dependent)
Di mana lansia tipe ini sangat dipengaruhi oleh kehidupan keluarganya, tidak berambisi dan tidak berinisiatif. "Terkadang tipe ini juga suka makan, dan suka berlibur dan dikuasai istrinya," ujar dosen kesehatan epidemiologi gizi usia lanjut tersebut.
Tipe Defensif atau bertahan
Lansia tipe ini cendrung menolak bantuan orang lain, emosi tidak terkontrol, selalu memegang teguh pada kebiasaan. Dan biasanya lansia tipe ini juga cendrung ingin mempertahankan kehidupannya dan takut akan ketuaan dan tak menyenangin masa pensiun.
Tipe Bermusuhan (hostility)
Yaitu lansia yang merasa orang lain menjadi penyebab kegagalannya, selalu mengeluh dan takut mati, curiga pada yang muda dan agresif.

Tipe Membenci dan Menyalahkan Diri (self haters)
Yaitu suka menyalahkan diri, tidak berambisi dan terjadinya penurunan sosioekonomi,  merasa menjadi korban, sulit dibantu sama orang lain atau cendrung membuat susah sendiri.


http://atjehpost.com/read/2012/11/02/26349/0/40/Mengenal-5-Tipe-Lansia

0 komentar:

Posting Komentar