Selasa, 26 Februari 2013

Segarnya air kelapa pengganti minuman isotonik alami

MANIS dan segar. Itulah yang Anda rasakan jika meminum air kelapa. Terutama kelapa yang masih muda. Air kelapa tak hanya menyegarkan kerongkongan saat sedang dilanda dahaga, tetapi juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh.

Kira-kira apa saja manfaat yang bisa didapatkan tubuh bila mengonsumsi air kelapa secara rutin? Ahli Media Gizi di Dinas Kesehatan Banda Aceh, Ely Silvani, kepada ATJEHPOSTcom pagi tadi mengatakan kandungan yang terdapat dalam air kelapa bisa membantu membunuh bakteri penyebab infeksi di salurah kemih.


Kandungan air yang banyak bisa mengatasi dehidrasi pada tubuh yang bisa menyebabkan komplikasi kesehatan. Selain itu juga bisa mengeluarkan toksin dari tubuh.

Mengonsumsi air kelapa secara rutin juga membantu menjaga kelembaban kulit. Kandungan potasium, protein, gula dan mineral bisa memberikan tambahan energi bagi tubuh.

Bagi Anda yang sedang diet, air kelapa sebaiknya bisa dijadikan sebagai minuman untuk memperlancar program diet. Karena kandungan kalori dan lemaknya yang rendah. Selain itu juga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dan jantung karena kadar gula yang rendah.

Jika Anda sering merasa kelelahan, asupan air kelapa bisa mengatasi hal tersebut, juga bisa menghilangkan lesu. Jika ingin rasa yang lebih segar, boleh ditambah dengan sedikit gula dan es batu.

Bukan hanya itu saja, air kelapa merupakan cairan isotonik yang baik untuk tubuh. Bahkan banyak minuman berbahan utama air kelapa muda yang bagus untuk kebugaran tubuh. Air kelapa juga mengandung anti bakteri, anti virus, anti jamur sama seperti air susu ibu.

“Meskipun belum ada penelitiannya beberapa manfaat air kelapa juga diyakini mengurangi infeksi atau rasa panas pada vagina perempuan, hal ini mungkin saja karena air kelapa itu mengandung antibakterial,” katanya.

Secara umum air kelapa mengandung 4,7 persen total padatan, 2,6 persen gula, 0,55 persen protein, 0,74 persen lemak, serta 0,46 persen mineral.
Komposisi gizi yang demikian bagus menyebabkan air kelapa dapat digunakan sebagai media pertumbuhan mikroba, misalnya Acetobacter xylinum untuk produksi nata de coco.


http://atjehpost.com/home

0 komentar:

Posting Komentar